Jumat, 23 November 2012

Legenda Karang Nini Dan Bale Kambang


Di Desa Karangtunjang atau Yang PENGHASILAN Bernama Desa Emplak, Jawa Barat, hiduplah sepasang Suami Istri Bernama Aki Ambu Kolot Dan Nini Arga Piara. Sudah puluhan years mereka menikah, namun Proforma JUGA dikaruniai momongan. Meskipun demikian, pasangan Suami Istri nihil senantiasa Hidup rukun Dan Damai. Mereka saling menyayangi Satu sama berbaring. Untuk memenuhi kebutuhan keluarganya Hidup, Aki Ambu Kolot setiap Hari menjelang Malam pergi Ke laut memancing ikan Dan Baru Pulang PADA esok harinya. REVENUES tangkapannya Dijual Ke Pasar atau ditukar Artikel Baru kebutuhan Hidup Before. Acute memperoleh REVENUES tangkapannya melimpah, sebagian dibuat ikan asin oleh Nini Arga Piara.

Suatu sakit, Aki Ambu Sedang bersiap-SIAP untuk berangkat Ke laut. Namun, sakit ITU Aki Ambu ITU terlihat Lemas karena masuk Angin. Meskipun demikian, besarbesaran Tetap bertekad berangkat Ke laut. SEMENTARA ITU, Nini Arga Yang melihat keadaan suaminya seperti ITU berusaha menasehati agar mengurungkan niatnya.
"Aki, sebaiknya Aki beristirahat Saja Dulu di Rumah. Bukankah Aki Sedang tidak enak Badan "ujar Nini Arga?.
"Tidak apa-APA, Ni. Kalau Aki tidak memancing Satu Hari Saja, Badan Aki Terasa pegal-pegal. Lagipula, Persediaan MAKANAN untuk Besok JUGA sudah habis, "Jawab Aki Ambu Artikel Baru Suara: sedikit parau.

* Bagi Nini, alasan suaminya memang masuk akal nihil. Acute menyanyikan Suami tidak berangkat tentu Besok mereka Akan kelaparan. Baru Pertimbangan ITU, Maka besarbesaran pun merelakan suaminya pergi melaut.
"Baiklah, Ki. TAPI, Janganlah terlalu memaksakan tenaganya. Acute sudah capai, cepatlah Pulang, "ujar Nini Arga Artikel Baru perhatian.
"Beit, Ni. Aki Akan segera Pulang Acute sudah memperoleh ikan Yang cukup untuk Persediaan Besok, "kata Aki Ambu bernyanyi Seraya mengecup Kening Istri tercinta.

Usai berpamitan, Aki Ambu pun berangkat memancing Artikel Baru menggunakan Perahu. Setiba di Tengah laut, Kakek Yang usianya MULAI renta ITU segera melemparkan kailnya Yang telah diberi umpan Ke Dalam, udara. Baru sabar, besarbesaran Menunggu kailnya Sambil bersiul-siul. Hari sudah Gelap, namun Proforma seekor ikan pun Yang menyentuh umpannya. Oleh karena ITU, besarbesaran sesekali mengayuh perahunya Ke klien untuk membuka posisi Lain Artikel Baru Harapan segera mendapatkan ikan. TAPI, hingga larut Malam, besarbesaran Proforma JUGA memperoleh REVENUES.

Tak Terasa, Hari telah menjelang Pagi. Ayam Jantan sudah MULAI berkokok bersahut-sahutan. Nini Arga Yang Menunggu di Rumah CEPAT-CEPAT bangun untuk menyiapkan sarapan untuk suaminya Yang tidak lama Lagi Akan Dilaporkan bahasa Dari melaut. Tak berapa lama kemudian, hidangan sarapan telah SIAP. Namun, Aki Ambun Proforma JUGA Pulang.
"Hari sudah Pagi, TAPI kenapa Aki Proforma Pulang JUGA?" Gumam Nini Arga Artikel Baru cemas, "Tidak biasanya Aki Pulang sampai Siang begini."
"Ah, mungkin Aki ketiduran di Atas perahunya karena kecapaian," gumamnya Lagi berusaha menepis perasaan cemas di Illustrasi hatinya.

Sambil Menunggu kepulangan suaminya, Nini Arga mengerjakan pekerjaan Rumah Before seperti membereskan Rumah Dan mencuci Pakaian. Hingga menjelang Hari Siang, Suami Yang dicintainya ITU Tak kunjung Tiba. Nenek ITU pun semakin cemas Dan gelisah. Hingga Hari sakit, Aki Ambun Proforma JUGA Pulang. Akhirnya, Nini Arga memutuskan untuk pergi mencarinya di sekitar Pantai. Ia pun menyusuri Pantai ITU hingga larut Malam, namun sang Suami Proforma JUGA ditemukannya. Meskipun demikian, Nenek ITU tidak Putus asa. Ia pun melanjutkan pencarian esok harinya PADA Artikel Baru Bersama para Warga. Sudah seharian mereka mencarinya Ke mana-mana, namun hasilnya nihil Tetap. Akhirnya, * Semua Warga Dilaporkan Ke perkampungan. Maka tinggallah Nini Arga seorang Diri di Tepi Pantai merenungi nasibnya Sambil berdoa.
"Ya, Tuhan! Pertemukan Dilaporkan Hamba Artikel Baru Suami Hamba, "ucapnya Artikel Baru khusyuk.

Rupanya, Tuhan Yang Mahakuasa mendengar Doa Nini Arga. Tidak lama Penghasilan kena pajak besarbesaran berdoa, Tiba-Tiba sebuah batu karang Yang nematoda Muncul di hadapannya. Bersamaan Artikel Baru ITU, Nini dikejutkan oleh sebuah Suara gaib Yang menyapanya.
"Ketahuilah, Nini. Batu karang Yang nematoda di hadapanmu ITU adalah penjelmaan Aki Ambun. Jadi, Janganlah kamu berharap Aki Akan Dilaporkan Hidup bersamamu, "ujar Suara gaib ITU.

Betapa terkejut Nini Arga mendengar Suara gaib ITU. Ia BENAR-BENAR tidak pernah mengira sebelumnya Acute Suami Yang Amat dicintainya Akan mengalami Nasib seperti ITU. Namun, AGLOCO menyadari bahwa * Semua ITU sudah menjadi takdir tuhan Yang Mahakuasa bahasa Dari. Ia pun Naik Duduk di Atas batu karang ITU Sambil meneteskan air mata. Karena Cinta Kasih Dan kesetiaannya kepada sang Suami, Nini Arga kemudian turun-bahasa Dari batu karang ITU Lalu Duduk bersimpuh di hadapannya Seraya berdoa agar dirinya diubah menjadi batu karang seperti halnya Aki Ambu.
"Ya, Tuhan! Hamba Amat mencintai Aki. Hamba Ingin Selalu bersamanya. Ubahlah wujud Hamba menjadi seperti Aki "pinta Nini Arga Sambil meneteskan air mata!.

Tuhan Maha Mendengar Maha Mengetahui Dan * Semua keluh kesah hambanya. Permintaan Nini Arga pun dikambulkannya. Langit Tiba-Tiba menjadi Gelap. Selang beberapa SAAT kemudian, Petir menyambar-nyambar pun disertai Hujan Deras. Bersamaan Artikel Baru ITU, Nini Arga pun menjelma menjadi batu Yang menghadap Ke arah batu karang perwujudan suaminya, Aki Ambu. Bentuk batu karang ITU menyerupai bentuk tubuh si Nini. Oleh Masyarakat setempat, batu karang ITU dinamai Karang Nini, sedangkan batu karang penjelmaan Aki Ambu dinamai Bale Kambang, Yang berarti batu nematoda.

Sepasang batu batu karang Yang berhadap-hadapan nihil Tetap KOKOH hingga berabad-Abad lamanya. Namun, Sekitar years 1918, batu karang Yang menyerupai wujud Nini Arga ITU tersambar Petir hingga terputus. Hingga SAAT inisial, kedua batu karang nihil Masih dapat kitd saksikan di sekitar Pantai nihil Yang PENGHASILAN dinamakan Pantai Karang Nini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar